Untuk bisa menerapkan Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX, tentu tidaklah sulit atau bahkan tanpa harus melalui proses pemanasan tersebut. Pasalnya, untuk saat ini teknologi terus mengalami perkembangan, termasuk juga dalam dunia otomotif.
![]() |
cara memanaskan motor nmax |
Sehingga untuk jenis motor baru yang saat ini terjual, sudah meninggalkan jenis sistem pembakaran yang menggunakan karburator. Lebih tepatnya dengan beralih ke sistem injeksi yang diklaim bisa lebih irit bahan bakar dan juga ramah lingkungan.
Meski begitu, tentu penggunaan karburator ataupun injeksi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga
menimbulkan pertanyaan apakah sama cara memanaskan motor dengan
karburator dan motor matic yang mayoritas menggunakan injeksi.
Nah,
berfokus pada motor Yamaha NMAX, disini kami akan menjabarkan tentang
beberapa tips untuk menghangatkan mesin. Seperti apa? Simak artikel ini
hingga selesai ya!
Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX Yang Benar
Sekedar informasi, motor matic injeksi saat ini dilengkapi dengan teknologi Engine Control Module (ECM), yang merupakan pusat kontrol sepeda motor.
Khususnya bagi yang menggunakan sistem injeksi. Uniknya, komponen elektronik ini akan membaca kondisi mesin serta mengatur pengapian pada ruang pembakaran agar sesuai kebutuhan.
memanaskan motor dengan sistem karburator, mungkin membutuhkan durasi
lebih lama, atau harus memutar handle gas untuk memaksimalkan.
Akan
tetapi, ternyata untuk memanaskan motor injeksi selayaknya Yamaha NMAX,
tidak butuh waktu lama dan mungkin berbanding terbalik dengan
karburator.
Tips Memanaskan Motor Yamaha NMAX
- Usahakan motor dalam keadaan di standar tengah (jika tidak langsung dikendarai).
- Nyalakan motor setidaknya 30 detik (lebih sebentar pun tidak apa-apa). Namun jangan terlalu lama.
- Pertama menyala, mesin akan terdengar lebih cepat, namun akan berubah pelan ketika sudah pas.
- Selesai! anda bisa mematikan mesin, atau langsung dijalankan.
Sebagai penjelasan lanjutan, ketika memanaskan mesin motor NMAX, kita tidak perlu waktu lama atau hingga digeber.
Pasalnya
hal tersebut hanya cukup dengan menyalakan mesin setidaknya 30 hingga
60 detik saja. Itupun dengan asumsi motor tidak dinyalakan selama kurang
lebih 12 jam.
Alasan dibalik cepatnya durasi pemasan,
ialah dikarenakan sudah dilengkapi teknologi ECM seperti yang sudah kami
jelaskan diatas.
Sehingga dengan menyalakan mesin
sebentar saja, maka oli sudah mampu menyebar (bersirkulasi) dengan baik
pada putaran mesin stasioner.
Justru jika terlalu lama
memanaskan mesin, bahan bakar yang digunakan lebih boros (dibuang
sia-sia). Bahkan juga membuat knalpot cepat panas yang berpengaruh pada
umur cat knalpot tersebut.
Pada dasarnya, motor injeksi dengan teknologi ECM, seperti halnya Yamaha NMAX. Tidak perlu dipanaskan untuk bisa dikendarai.
Dalam
hal ini, juga sangat kecil kemungkinan muncul gejala mesin brebet
seperti yang terjadi pada mesin dengan sistem karburator.
Sekian untuk Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX Yang Benar. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.
- Perbedaan Oli Samping, Oli Gardan dan Oli Mesin
Untuk melindungi dan memelihara kerja mesin, sebuah kendaraan bermotor menggunakan beberapa jenis oli. Beberapa jenis oli tersebut yaitu terdiri atas…
- 6 Merk Oli yang Cocok untuk Motor CC Besar (Sport dan Moge)
Penggunaan oli pada motor sangatlah penting karena berpengaruh pada performa motor tersebut. Pemilihan oli setiap motor juga berbeda-beda, tergantung dari…
- Ini Perbedaan RX Spesial dengan RX King dari Sisi Fitur dan Mesinnya
Anda salah satu penggemar Yamaha? Jika iya, pastinya Anda tahu dong merk ini mempunyai motor legendaris yang diberi nama RX…
- Cara Merawat Motor Kawasaki Ninja 150 RR
Cara Merawat Motor Kawasaki Ninja 150 RR pada dasarnya kami rangkum dari beberapa sumber, sehingga untuk tambahan referensi, mungkin akan…