×

Jumat, 23 September 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Infrastruktur jalan di Indonesia mengalami kemajuan dengan terbukti adanya jalan tol sebagai penghubung antar kota, antar provinsi atau wilayah. Tapi tahukah Anda singkatan nama jalan yang ada di Indonesia ini?


Baiklah berikut ini ulasan singkatnya mengenai singkatan nama jalan tol yang ada di Indonesia, catat dan ingat jika kamu melewati ruas tol berikut ini!

Singkatan Nama Jalan Tol Yang Ada di Indonesia

tol jagorawi salah satu jalan tol tertua di Indonesia yang dibangund di era Presiden Soeharto
tol jagorawi salah satu jalan tol tertua di Indonesia yang dibangund di era Presiden Soeharto

1. Purbaleunyi

Ini merupakan jalan tol yang menghubungkan Purwakarta – Cileunyi, awalnya jalan tol ini hanya menghubungkan Padalarang – Bandung – Cileunyi saja atau disebut sebagai lingkar selatan Bandung (dibangun tahun 2000 – 2001).


Pada tahun 2004 – 2005, pembangunan jalan tol dilanjutkan di ruas Purwakarta – Padalarang. Sekaligus lanjutan dari Jalan Tol Jakarta – Cikampek, perbatasan antara kedua jalan tol tersebut berada di Simpang Susun Dawuan (Kilometer 67).


Jadi, jalan tol Purbaleunyi merupakan singkatan dari Purwakarta – Bandung – Cileunyi.

2. Cipularang

Jalan Tol Cipularang masih berada di daerah Jawa Barat dengan panjang 53 KM dan dibangun tahun 2005. Jalan tol ini menghubungkan Kota Jakarta dan Bandung sehingga jarak tempuhnya lebih cepat.


Ruas tol ini membentang dari Cikampek – Purwakarta sampai Padalarang. Letaknya berada di pegunungan sehingga sedikit menanjak dan menurun, ditambah lagi memiliki banyak jembatan yang panjang dan tinggi.

tol cipularang jalan tol dengan pemandangan yang menarik
tol cipularang jalan tol dengan pemandangan yang menarik

Cipularang atau Cikampek – Purwakarta – Padalarang ini merupakan jalan tol yang memerlukan kehati-hatian dan kewaspadaan yang tinggi karena sering terjadi kecelakaan.

3. Padaleunyi

Jalan Tol Padaleunyi merupakan Jalan Tol Padalarang – Cileunyi yang menghubungkan beberapa daerah di sekitarnya. Jalan tol ini melintasi Kabupaten Bandung Barang, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.


Ruas Jalan Tol Padalarang Cileunyi memiliki panjang sekitar 64,4 KM dan dibangun sejak tahun 198-1992.

4. Jakarta Merak

Jalan Tol Jakarta – Merak dibangun sejak tahun 1984 setelah Jalan Tol Jagorawi tahun 1978. Jalan tol ini menghubungkan Jakarta dengan Pelabuhan Merak dan memiliki panjang sekitar 98 KM.


Ruas Jalan Tol Jakarta Merak terbagi menjadi 2 bagian yaitu Jalan Tol Jakarta – Tangerang dengan lajur 3x2, dikelola PT Jasamarga. Kemudian satu lagi Jalan Tol Tangerang – Merak dengan lanjur 2x2, dikelola oleh PT Marga Mandalasakti.

5. Jarang

Ruas Jalan Tol Jarang sepanjang 33 KM dan merupakan singkatan dari Jakarta – Tangerang. Pembangunan jalan tol ini dilaksanakan pada tahun 1984 – 1992.


Seperti yang telah disebutkan di atas, Jalan Tol Jarang merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta – Merak (98 KM). Sebagai informasi tambahan, kilometer 0 berada di Tomang, Jakarta Barat dan berakhir di Kilometer 98 di Merak.

6. Tangerang – Merak

Ruas Jalan Tol ini memiliki panjang 75 KM dan berada di daerah Banten, pembangunannya dimulai tahun 1985. Jalan Tol Tangerang – Merak merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta – Tangerang.

7. Jagorawi

Jalan Tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama yang ada di Indonesia, pembangunannya dimulai tahun 1973. Jagorawi merupakan singkatan dari Jakarta – Bogor – Ciawi, ruas jalan tol ini memiliki panjang 59 KM.

jagorawi salah satu tol dengan kualitas jalan yang terbaik
jagorawi salah satu tol dengan kualitas jalan yang terbaik

Jalan Tol Jagorawi dikelola oleh PT Jasa Marga Indonesia dan jalan tol ini juga melintasi Kota Jakarta Timur, Kota Depok, Kabupaten Bogor dan Kota Bogor.

8. Japek

Jalan Tol Japek singkatan dari Jakarta – Cikampek yang memiliki panjang 72 KM, dibangun sejak tahun 1988. Jalan Tol Japek merupakan jalan tol dari Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur menuju Cikampek, Karawang.


Baca juga: Arti Plat Nomor T dan Daftar Kode Belakangnya


Jalan Tol Jakarta – Cikampek melintasi beberapa kota/kab seperti Kota Jakarta Timur, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Purwakarta.

9. Belmera

Tak hanya di Pulau Jawa, Sumatera juga memiliki Jalan tol bernama Belmera atau Belawan – Medan – Tanjung Morawa. Panjang jalan tol ini 42,7 KM dan telah dibangun sejak 1987-1990.


Jalan Tol ini dibangun oleh kontraktor Takenaka Nippo Hutama dan konsultan Jepang PCI (Pacific Consultant International), sebuah perusahaan kontraktor berpengalaman. Meski belum selesai sepenuhnya, jalan tol ini sudah beroperasi pada 1986 dan menghubungkan antara Pelabuhan Belawan dengan Tanjung Morawa.

10. Palikanci

Jalan Tol Palikanci merupakan singkatan dari Palimanan – Kanci yang berada di daerah Jawa Barat. Panjangnya mencapai 26,3 KM dan dibangun sejak 1991 – 1999 tepatnya berada di Kota Cirebon.

11. Warunda

Jalan Tol Warunda merupakan ruas jalan tol dari Waru – Juanda di daerah Jawa Timur. Panjangnya hanya 12,8 KM yang dibangun tahun 2007, menghubungkan antara Bandara Waru, Sidoarjo Selatan dengan Bandara Internasional Juanda.


Jalan Tol Warunda menghubungkan Jalan Tol Surabaya – Mojokerto sehingga mempersingkat jarak tempuh.


Lihat juga: Ini Arti Plat Nomor P di Jawa Timur


12. Somar

Jalan Tol Somar merupakan singkatan dari Solo – Semarang yang berada di daerah Jawa Tengah. Panjangnya mencapai 57 KM dan dibangun sejak tahun 20008, jalan tol ini mengubungkan Kota Semarang dengan Solo.

13. BORR

Jalan Tol BORR merupakan lingkar luar Bogor atau biasa disebut Bogor Ring Road, letaknya ada di Jawa Barat dan hanya memiliki panjang 11 KM. Jalan Tol BORR dibangun tahun 2009, jalan tol ini melingkari Kota Bogor, menghubungkan Sentul Selatan hingga Dramaga.


Jalan tol ini dibangun dan dikelola oleh PT Marga Sarana Jabar, perusahaan patungan PT Jasa Marga (55%) dengan PT. Jasa Sarana Jabar (45%), sebuah BUMD Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang memiliki saham investasi di Jalan Tol BORR.

14. Cijagan

Jalan Tol Cijagan merupakan singkatan dari Kanci – Pejagan, panjangnya 35 KM dan dibangun pada tahun 2008 – 2010. Jalan Tol ini menghubungkan Kanci di Cirebon hingga Pejagan di Brebes.


Pengelola jalan tol ini adalah PT Semesta Marga Raya, sebuah anak usaha Bakrie Toll Road dan PT Adhi Karya dengan nilai investasi Rp. 2,2 Trilyun.


Itulah ulasan beberapa singkatan nama Jalan Tol yang ada di Indonesia sebagaimana dihimpun tim Auto.or.id, kira-kira jalan tol mana yang sering Anda lalui?

This Is The Newest Post
Previous article Previous Post